Metode-metode operasi pada industri kimia

Metode-metode operasi pada industri kimia

Setelah kemarin admin membahas tentang apa itu teknik kimia dan sejarah teknik kimia, sekarang mimin mau ngebahas topik selanjutnya yaitu apa saja sih metode yang digunakan pada operasi industri proses kimia.
     Dalam industri proses kimia biasanya menggunakan dua metode proses dalam pengolahan bahan bakunya, yaitu:


  1. Proses secara Batch, dan
  2. Proses secara Continue/Sinambung.
Berikut penjelasan dari proses-proses tersebut.


1. PROSES BATCH
    Merupakan proses yang dilakukan secara bergantian pengumpanan bahan baku, proses dan pengambilan produk dilakukan secara selang-seling. Setelah bahan baku selesai di proses menjadi produk, aliran proses dihentikan dan semua alat proses di bersihkan untuk kembali mereaksikan bahan baku berikutnya. 
    Pada proses ini, biasanya kapasitas produksi sudah di tentukan untuk satu harinya, setelah kapasitas tercapai pada hari itu proses di berhentikan dan dilanjutkan untuk kapasitas yang sama pada hari berikutnya.

2. PROSES CONTINUE/SINAMBUNG
    Merupakan proses yang umum dijumpai di industri kimia modern saat ini. Proses ini dipilih karena lebih menghemat secara ekonomi dari segi proses hingga utilitas.
Setiap bahan baku dialirkan untuk dimasukan ke dalam reaktor dan diproses menjadi produk jadi. Produk jadi langsung dialirkan kemudian bahan baku dimasukkan lagi tanpa ada proses pembongkaran bahan baku dan pembersihan alat/reaktor. Proses ini berjalan secara terus menerus. kecuali ketika masa alat/reaktor di bersihkan, atau kata laninya dalam keadaan maintenance. 
Proses ini dinilai lebih efisien bagi industri yang menerapkan terget kapasitas produksi tinggi.

Demikian itu adalah metode operasi pada industri kimia proses. untuk postingan selanjutnya yaitu akan di bahas mengenai keuntungan dan kelebihan dari masing-masing proses tersebut.

Mohon kritik dan sarannya yang membangun, apabila ada salah kata atau pembahasan mengenai proses-proses tersebut. anda bisa hubungi contact saya. terimakasih..
salam sukses. jangan lupa baca artikel menarik lainnya.

No comments:

Post a Comment